Efektivitas Alat Pembersih Udara, Bisakah Menurunkan Risiko Penularan Virus?

Efektivitas Alat Pembersih Udara, Bisakah Menurunkan Risiko Penularan Virus?

Membersihkan udara dalam rumah, menyingkirkan kotoran, debu, hingga bulu binatang menggunakan alat pembersih udara (air purifier) tampaknya menjanjikan. Memang, fakta menyebut bahwa udara dalam ruangan memiliki polutan yang lebih tinggi dibanding di luar ruang. Klaim klaim yang diiklankan alat pembersih udara memang berhasil membuat banyak orang tertarik.

Namun, seberapa efektifkah alat ini? Seperti dilaporkan , alat pembersih udara biasanya mengandung filter berlapis lapis, kipas untuk menyedot dan sirkulasi udara. Saat udara bergerak masuk ke dalam filter, polutan dan partikel ikut tertangkap dan udara bersih dihembuskan lagi keluar.

Biasanya, filter pembersih udara terbuat dari kertas, fiberglass, atau jaring, dan butuh diganti secara berkala agar bisa berfungsi optimal. Ini berarti, selain membeli alat pembersih udaranya, kita juga harus menyisihkan dana operasional untuk mengganti filter. Berapa lama filter itu bisa dipakai tergantung pada pemakaian dan tipe alatnya. Beberapa filter dapat dipakai ulang setelah dicuci, tetapi butuh perawatan lebih teliti.

Apakah pembersih udara efektif? Jawaban singkatnya adalah iya. Tetapi, pembersih udara tidak akan menghilangkan atau menetralisir semua partikel yang menjengkelkan di rumah. Faktanya, banyak partikel yang bisa bertahan lama di permukaan, seperti furnitur, sprei, karpet, dan juga permukaan keras seperti tembok.

Walau demikian, pembersih udara bisa dipakai sebagai pelengkap untuk menyaring beberapa partikel ini: Alergen merupakan kandungan yang bisa memicu respon imun dalam bentuk alergi atau asma. Bentuk alergen antara lain serbuk sari, material kecil dari hewan peliharaan, atau tungau debu.

Pembersih udara yang efektif untuk ini biasanya adalah yang memiliki filter HEPA (high efficiency particulate air). Seperti alergen, kapang (mold) dalam ruangan bisa berbahaya untuk orang yang menderita asma dan kondisi paru lainnya. Pembersih udara bisa efektif dalam tingkatan tertentu, tetapi penyaringan hanya efektif untuk menyingkirkan kapang di udara.

Pembersih udara dengan filter yang bagus juga bisa menghilangkan asap, termasuk asap dari pembakaran hutan dan asap rokok. Namun, tetap saja alat tersebut tidak bisa menghilangkan sepenuhnya. Masih ada kemungkinan partikel dalam asap akan menempel di dinding atau langit langit. Sebuah penelitian menunjukkan, alat pemberish udara hanya bisa menghilangkan sedikit nikotin dalam ruangan tertutup.

Ruangan dalam rumah juga bisa mengandung toksin, misalnya dari produk pembersih rumah, produk perawatan diri, atau cat tembok. Alat pembersih udara bisa menangkap toksin tersebut. Walau begitu, cara terbaik untuk menyingkirkan toksin dalam rumah adalah dengan membatasi penggunannya. Nah, kini ada produk pembersih udara yang dilengkapi dengan teknologi terkini Plasmacluster, yaitu Sharp FP J80Y Air Purifier.

Kemampuan teknologi Plasmacluster telah terbukti efektif dalam mencegah virus, bakteri dan mikroba yang berkembang biak di udara. Berdasarkan penelitian terbaru, teknologi Plasmacluster ini dapat menurunkan risiko penularan Novel Coronavirus (SARS CoV 2) sebanyak 91.3 persen di udara hanya dalam waktu 30 detik. Produk ini dapat menjadi pilihan barang elektronik berkualitas untuk membuat udara jadi lebih jernih dan sehat, terutama selama menjalani masa pandemi di rumah guna melindungi seluruh anggota keluarga.

Saat ini, SHARP, sebagai produsen elektronik terkemuka, bekerjasama dengan Shopee menghadirkan Super Brand Day SHARP. Momen tersebut sebagai akses yang mudah bagi pengguna dalam memenuhi berbagai kebutuhan peralatan elektronik rumah tangga yang berkualitas. Termasuk alat pembersih udara atau air purifier. Super Brand Day SHARP sebagai bagian dari rangkaian kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale akan berlangsung pada tanggal 19 November 2020 memberikan penawaran diskon hingga 2 Juta rupiah.

Ada pula kesempatan untuk memenangkan hadiah total jutaan rupiah bagi para pengguna Shopee. Pengguna dapat memanfaatkan kesempatan Super Brand Day SHARP di Shopee untuk upgrade produk elektronik rumah tangga di rumah. Andry Adi Utomo selaku National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia mengatakan, upaya ini merupakan salah satu strategi penjualan baru yang kami sesuaikan dengan kondisi saat ini, khususnya di masa pandemi Covid 19.

"Melalui program Super Brand Day SHARP di Shopee, kami harap dapat memberikan kemudahan bagi konsumen setia kami untuk dapat membeli produk produk elektronik berkualitas dengan teknologi terkini dari SHARP, tanpa harus pergi ke luar rumah,” ucapnya. Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia, menyatakan, Shopee berkomitmen untuk bekerjasama dengan mitra brand menghadirkan ragam produk, salah satunya melalui kerjasama dengan SHARP menghadirkan Super Brand Day SHARP. "Kami harap kedepannya dapat tetap menjadi solusi pilihan pengguna dalam pemenuhan kebutuhan secara online terutama di tengah masa pandemi sekarang ini,” ucapnya.

Shopee Indonesia secara khusus mempersembahkan 12.12 Shopee Birthday Sale mulai dari 16 November 12 Desember 2019. Berbagai penawaran belanja terbaik antara lain, COD Gratis Ongkir RP0, dimana pengguna dapat menggunakan layanan Cash On Delivery dengan keuntungan Gratis Ongkir Rp0; Tanam Pohon Tabungan, Koin 2X Lipat; Flash Sale 12RB, di mana pengguna dapat menikmati berbagai produk dengan harga Rp12 RB. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.