Intip 5 Fakta Menarik tentang Danau Toba

Intip 5 Fakta Menarik tentang Danau Toba

Siapa yang tidak kenal dengan Danau Toba? Danau ini menjadi ikon pariwisata di Provinsi Sumatera Utara dengan pemandangan alam yang memesona. Dibalik keindahan alamnya, Danau Toba ternyata menyimpan beberapa fakta menarik yang perlu diketahui. Penasaran? Yuk, simak pada ulasan di bawah berikut:

 

Danau Toba berasal dari sebuah gunung

Siapa yang baru mengetahui bahwa Danau Toba berasal dari sebuah gunung? Jadi pada sekitar tahun 1939, seorang geolog Belanda, Van Bemmelen, mengatakan bahwa Toba adalah gunung api yang pada akhirnya meletus hebat. Letak Gunung Toba sendiri berada tersembunyi di bawah Danau yang disebut Kaldera Toba. Setelah itu, Kaldera Toba tertutup batuan beku dan air pun mulai mengisi kaldera hingga membentuk danau.

 

Letusan Gunung Toba menjadi letusan terkuat

Dalam dua juta tahun terakhir, letusan Gunung Toba menjadi letusan yang terkuat dan terhebat. CA Chesner, seorang geolog dari Eastern Illois University mengatakan bahwa Gunung Toba melontarkan sebanyak 2.800 km kubik magma. Tak hanya itu, luncuran awan panasnya mencapai area seluas 20.000 km persegi. Awan panas ini sempat menimbun hampir seluruh daratan Sumatera, mulai dari barat Samudera Hindia hingga timur Selat Malaka dengan ketebalan 100 meter hingga 400 meter.

 

Uniknya pulau dan danau di area Danau Toba

Jika Anda penasaran ada apa di dalam Danau Toba, jawabannya ada pulau di atas pulau dan danau di atas danau. Bingung, kan? Jadi, berbeda dari pulau dan danau kebanyakan, Danau Toba memiliki pulau di atas pulau dan danau di atas danau. Hal ini terlihat dari Pulau Samosir yang berada di atas Pulau Sumatera dan Danau Sidihoni & Danau Aek Natonang yang berada di atas Danau Toba. Unik, ya!

 

Pulau Samosir berasal dari dasar danau yang terangkat

Beberapa ahli mengungkap bahwa Pulau Samosir terbentuk dari dasar danau yang terangkat. Hal ini terlihat dari adanya fosil ganggang yang terdapat di beberapa tempat di Pulau Samosir. Jadi ketika terjadi letusan hebat dan danau mulai terbentuk, secara perlahan ganggang hijau juga tumbuh di dasar danau. Setelah terkuras hebat ketika letusan terjadi, dapur magma yang saat itu berada di bawah kembali terisi dan perlahan mendesak bebatuan yang menyumbatnya ke atas. Sehingga lambat laun terbentuk Pulau Samosir yang kita kenal sekarang.

 

Volume air di Danau Toba mampu membanjiri seluruh dataran Inggris

Karena Gunung Toba adalah supervolcano dengan danau vulkanik terbesar di dunia, maka titik terdalam di danau ini mencapai 500 meter. Dengan begitu, volume airnya cukup besar hingga mampu membanjiri seluruh dataran Inggris hingga kedalaman satu meter.

 

Tertarik mengunjungi Danau Toba dan menyaksikan sendiri fakta menariknya?

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.