Menhub: Warga Perkotaan Butuh Transportasi Publik yang Terintegrasi yang Nyaman, Aman dan Sehat

Menhub: Warga Perkotaan Butuh Transportasi Publik yang Terintegrasi yang Nyaman, Aman dan Sehat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai, sistem transportasi perkotaan yang terintegrasi sangat diperlukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Menurutnya, apabila transportasi publik terintegrasi secara menyeluruh tentunya dapat memberikan pelayanan yang aman, nyaman dan juga sehat di masa pandemi Covid 19 ini. "Saat ini, meski di tengah pandemi mobilitas masyarakat di perkotaan justru mengalami peningkatan. Maka dari itu, saya mengharapkan adanya transportasi umum yang terintegrasi dan melayani masyarakat," ujar Budi Karya dalam keterangannya, Rabu (14/4/2021).

Penggunaan transportasi di perkotaan, lanjut Budi, di tengah pandemi ini mengalami perubahan perilaku dimana masyarakat lebih sering menggunakan angkutan umum perkotaan. Ia menyebutkan, seperti transportasi massal Light Rail Transit (LRT) yang hadir melayani masyarakat secara makro di kawasan tertentu seperti DKI Jakarta yang banyak digunakan masyarakat. Selain itu Budi Karya juga menjelaskan, dengan adanya penyediaan akses dan fasilitas park and ride, charging station untuk kendaraan listrik di stasiun LRT diharapkan dapat mendorong lebih banyak lagi masyarakat yang menggunakan layanan transportasi ini.

Sementara itu menurut Direktur Utama PT LRT Jakarta Wijanarko mengatakan, LRT Jakarta yang sudah berumur 3 tahun terus berkomitmen untuk terus menciptakan sistem transportasi perkotaan yang terintegrasi dengan baik. "Beberapa hal yang sudah dilakukan diantaranya membangun skybridge di Stasiun LRT Jakarta di Rawamangun yang menyambungkan kawasan Velodrome Rawamangun ke halte LRT Jakarta, sistem pembayaran yang seamless dan terintegrasi dengan moda lainnya, penyediaan park and ride, parkir sepeda dan layanan terintegrasi lainnya," ujar Wijanarko.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.