Penerapan Nilai Integritas di Lingkungan Perumahan

Penerapan Nilai Integritas di Lingkungan Perumahan

Nilai integritas merupakan kesatuan antara pola pikir, perasaan, perkataan, dan perilaku yang selaras dengan hati nurani dan norma yang berlaku. Dilansir dari laman web ACLC KPK, ada 9 nilai integritas yang seharusnya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali nilai integritas hanya dibahas di lingkungan kerja, padahal arti integritas sangat luas dan dapat diadopsi di banyak lingkungan, seperti pendidikan, perumahan, pertemanan, dan lainnya.

Lalu, apa saja contoh nilai integritas yang dapat diterapkan di lingkungan perumahan? Simak ulasan berikut ini.

Berkata Jujur kepada Anggota Keluarga

Keluarga merupakan lingkup terkecil dari lingkungan perumahan. Maka dari itu, menerapkan nilai integritas bisa dimulai dari lingkup rumah keluarga terlebih dulu. Salah satu nilai yang bisa diterapkan adalah nilai kejujuran. Tidak berbohong dan berkata jujur pada sesama anggota keluarga adalah hal sederhana yang bisa dibiasakan dalam lingkup keluarga akan terbawa juga dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan perumahan.

Mengerjakan Kewajiban Rumah

Sebelum ke luar rumah, urusan rumah sendiri tentu harus sudah dikerjakan. Kewajiban anggota keluarga berbeda-beda, kewajiban orang tua ialah mengurus rumah, menafkahi, mendidik, dan mengurus anak, sedangkan kewajiban anak usia sekolah ialah bersekolah. Tentunya, tidak hanya kewajiban itu saja yang harus dikerjakan anggota keluarga. Ada tugas-tugas yang mungkin saja dibagi untuk dikerjakan anggota keluarga masing-masing, seperti menyapu, mengepal, mencuci piring, mencuci baju, dan sebagainya. Pastikan untuk mengerjakan tugas yang pembagiannya telah disepakati tersebut. Dengan rutin menjalankan tugas rumah tersebut, kamu tentu sudah memiliki integritas yang cukup dalam lingkungan rumah.

Mematuhi Peraturan Lingkungan Perumahan

Kehidupan bertetangga dan bermasyarakat tentunya diatur oleh norma. Norma merupakan kaidah tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Ada 4 norma, yaitu norma agama, norma kesopanan, norma kesusilaan, dan norma hukum. Setiap lingkungan perumahan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ada yang menerapkan jam malam, ada juga yang tidak. Semua telah diatur dalam peraturan lingkungan perumahan masing-masing. Contoh peraturan lainnya ialah tamu wajib lapor selama 2×24 jam. Peraturan yang ada di lingkungan perumahan tersebut tidak boleh dilanggar sebagai bentuk integritas kita dalam menjaga keamanan dan kenyamanan hidup bermasyarakat.

Tidak Korupsi Anggaran untuk Warga

Ada banyak kegiatan yang sering dibuat untuk warga, seperti lomba di hari kemerdekaan, pembuatan pentas seni, bazaar, atau acara-acara lainnya yang tujuannya untuk warga dan masyarakat lingkungan perumahan. Kegiatan-kegiatan ini tentunya akan memerlukan angggaran untuk menyelenggarakannya. Seseorang yang memiliki integritas tentunya tidak akan tergoda untuk mengambil uang tersebut untuk kepentingan pribadi. Korupsi dana anggaran ini tentunya dan harus dijauhi dalam kehidupan bermasyarakat

Melaksanakan Aktivitas Gotong Royong

Gotong royong merupakan aktivitas yang dilakukan bersama-sama dengan prinsip saling bantu-membantu satu sama lain. Hidup bermasyarakat di lingkungan perumahan pastinya ada saja aktivitas gotong royong, seperti kerja bakti bersih-bersih lingkungan perumahan, ronda malam, berpartisipasi bersama untuk rumah ibadah, dan sebagainya. Berkontribusi untuk lingkungan perumahan tentu membuatmu memiliki nilai integritas dan tidak curang karena seluruh warga diharapkan ikut berpartisipasi di bidangnya masing-masing.

Melaporkan Barang Temuan

Terkadang saat di jalan, ada saja barang terjatuh yang ditemukan. Tidak hanya barang jatuh! Kunci motor yang masih menyantol juga sering ditemukan. Ketika menemukan barang terjatuh di jalan atau kunci yang menyangkut di kendaraan yang harus dilakukan bukanlah menyatakan barang itu menjadi milikmu, tapi lapor ke RT, RW, atau penjaga keamanan setempat seperti satpam atau hansip. Kejujuran ini perlu dipupuk dan dipelihara untuk meningkatkan integritas diri.

Pastikan kamu memiliki komitmen tinggi untuk selalu menyampaikan kebenaran meskipun sulit dan mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Sehingga, kamu akan selalu menjadi individu yang berintegritas. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang integritas dan korupsi, kamu bisa mengunjungi situs ACLC KPK. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:

https://aclc.kpk.go.id/aksi-informasi/Eksplorasi/20230809-apa-itu-golput-dan-pengaruhnya-terhadap-politik-berintegritas

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230315134422-569-925362/macam-macam-norma-dan-contohnya-di-kehidupan-masyarakat

https://aclc.kpk.go.id/materi-pembelajaran/pendidikan/buku/modul-integritas-untuk-umum

 

 

 

 

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *