Perbedaan Reksadana dan Saham

Perbedaan Reksadana dan Saham

Saat ini investasi saham dan reksadana tengah diminati oleh banyak orang, karena memperoleh return yang tinggi. Tapi masih banyak yang belum tahu tentang cara untuk memulainya. Kedua jenis investasi ini seringkali dinggap sama, padahal keduanya memiliki perbedaan.

Jadi, bagi anda para pemula yang berminat untuk memulai investasi, maka sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang perbedaan antara keduanya. Berikut ini dapat anda simak mengenai perbedaan reksadana dan saham, antara lain yaitu :

Apa Perbedaan Antara Reksadana dan Saham ?

 

  1. Pengelolaan Dana

Reksadana : dananya akan dikelola oleh si manager investasi. Jadi dengan begitu anda hanya tinggal menunggu si manger investasi untuk mengelola portofolia anda dengan bijaksana.

Saham : dananya dikelola langsung oleh si investor. Akan tetapi, anda dapat meminta nasehat kepada pialang untuk memulai bermain saham. Karena dalam hal ini anda harus mengelola dana sendiri.

Jadi anda perlu menyiapkan waktu dalam memantau pergerakan saham. Selain itu, Anda juga perlu memahami secara benar untuk teknik dalam bermain saham dengan tujuan supaya bisa mendapatkan keuntungan yang optimal.

  1. Tingkat Risiko

Reksadana : Sementara untuk tingkat resikonya lebih rendah jika dibandingkan dengan saham. Karena, dana yang anda miliki akan dkelola oleh manager investasi yang tentunya sudah memiliki pengalaman dalam mengelola investasi. Maka dari itu, anda tidak perlu khawatir, terutama bagi investor pemula.

Saham : Sedangkan untuk tingkat resikonya juga jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan reksadana. Apalagi bagi para investor pemula. Karena semua keputusan investasi harus di atur sendiri, contohnya dalam mengatur waktu yang tepat untuk menjual atau membeli saham.

Nah, itulah yang dapat kami jelaskan mengenai perbedaan dari investasi reksadana dan saham yang perlu anda ketahui. Jadi, setelah mengenal tentang perbedaan keduanya melalui pembahasan di artikel ini. Maka anda bisa lebih selektif lagi untuk memilih jenis investasi apa yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Bagi Anda yang sudah berkunjung, terima kasih kami ucapkan, dan semoga artikel ini berguna dan bermanfaat.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.