Tiba di Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182, Tim Penyelam Bersiap Turun hingga Kedalaman 30 Meter

Tiba di Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182, Tim Penyelam Bersiap Turun hingga Kedalaman 30 Meter

Tim regu penyelam yang berasal dari National Association of Underwater Instructors (NAUI) Indonesia mulai bersiap melakukan pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang terjatuh pada Sabtu (9/1/2021). Diketahui, tim penyelam tersebut berasal dari pengawasan dari Basarnas. Total, ada 18 orang penyelam yang bersiap melakukan pencarian di bawah laut. Mayoritas dari penyelam memang tampak telah berusia di atas 40 tahun. Namun kemampuan dan keahliannya, tak perlu diragukan lagi karena mempunyai sertifikasi menyelam di Indonesia.

Ketika ditanya, Tim Leader Indonesia Divers Rescue Team IDRT Bayu Wardoyo mengaku timnya telah siap turun ke bawah air untuk melakukan penyelaman. Apalagi, cuaca di sekitar lokasi cenderung tak hujan. "Kondisi oke aman, kedalaman ini sesuai perkiraan kita kalau itu kedalaman 20 sampai 30 meter. Itu bisa nyelam sekitar 30 menit. Karena ini yang turun tim general," kata Bayu di Kapal Negara (KN) SAR Basudewa, Minggu (10/1/2021). Ia menuturkan pihaknya memiliki sebanyak 5 tim untuk turun ke dalam air secara bergantian. Dia memperkirakan, untuk hari ini, pihaknya hanya bisa menurunkan sebanyak 1 kali waktu penyelaman.

"Ada 5 tim. Sesuai kebutuhan lah nanti gimana. Nanti dari Basarnasnya. Kalau sekarang jam 2. Mungkin cuma bisa turun sekali," pungkasnya. Diberitakan sebelumnya, sebanyak 18 orang penyelam diterjunkan untuk membantu pencarian serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021). Penyelam tersebut berasal dari National Association of Underwater Instructors (NAUI) Indonesia. Mereka ikut dalam Kapal Negara (KN) SAR Basudewa yang berangkat sejak pukul 10.59 WIB dari Posko SAR Terpadu Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"18 penyelam, levelnya semua instruktur penyelam. Mungkin bertambah besok ada deployment lagi karena permintaan dari Basarnas minimal 20 penyelam," ujar Kepala Logistik Naui Diving Indonesia Hendrata Yudha kepada wartawan di Posko SAR Terpadu Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021).

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.